Rabu, 31 Juli 2013

Memanfaatkan tabel di Microsoft word untuk mengatur tata letak teks

Memanfaatkan tabel di Microsoft word untuk mengatur tata letak teks



Melihat gambar di atas, apa yang terpikir? Laporan Tugas Akhir? Benar, dan hampir pasti jika anda menyusun dokumen dengan gaya formal, tentunya anda akan membuat lembar yang nantinya ditanda-tangani oleh beberapa orang seperti contoh yang diberikan di atas. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara anda membuat dokumen seperti contoh di atas agar anda mendapati teks dengan tata letak yang rapi?

Spasi, spasi, spasi? Bukan pilihan yang tepat terutama untuk font yang non-fixed-width.
Tabulasi? Bisa saja, namun anda mungkin harus bersusah-payah sedikit untuk membuat tulisan anda benar-benar rapi terutama jika harus menggunakan center alignment.

Oke, permasalahan di atas dapat kita atasi dengan menggunakan tabel. Ya, tabel akan membantu kita untuk lebih mudah mengatur teks yang kita inginkan beserta alignment-nya. Berikut penjelasannya:

    Pertama-tama, lihat kebutuhan anda. Jika kita menggunakan contoh di atas, maka kebutuhan kita adalah sebuah tabel dengan 2 kolom. Maka, tambahkan tabel ke dalam dokumen anda melalui tab 'Insert' dan pilih Table. Masukkan 2 kolom saja.
    Anda akan mendapati sebuah tabel dengan garisnya, abaikan garis ini terlebih dahulu. Fokuskan untuk mengisi kolom dengan teks yang anda inginkan. Kita akan mendapati manfaat menggunakan tabel untuk kasus ini, karena kita bisa melakukan pemformatan berbeda untuk setiap sel di tabel. Anda bisa mengubah alignment teks dalam satu sel tanpa harus mempengaruhi sel yang lain. Dengan begitu, jika anda harus menggunakan center alignment, hanya perlu blok sel dan Ctrl + E. Selesai
    Terakhir, saatnya menghilangkan garis tepi tabel. Pastikan kursor anda aktif di salah satu sel tabel, maka anda akan mendapati tab 'Design' di atas. Pilih menu 'Border' dan pilih 'No Border'. Untuk membuat anda lebih mudah bekerja dengan tabel yang tidak tampak, aktifkan 'View Gridlines' melalui menu yang sama yaitu menu 'Border'.


Pilih 'No Border' dan aktifkan 'View Gridlines'
Selesai. Lebih mudah dan lebih tertata rapi bukan? Semoga tip ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!