Senin, 04 November 2013

Tips Komputer Cara Memperbaiki Power Supply dengan Mudah dan Aman

Tips Komputer Cara Memperbaiki Power Supply dengan Mudah dan Aman
Kebayang nggak kalo lagi asyik asyiknya maen game, atau tengah sibuk menyelesaikan pekerjaan kita, tiba tiba komputer yang digunakan tiba tiba mati yang disebabkan power supplynya rusak? Kita pasti akan kesal juga bingung karena tidak tahu cara memperbaiki power supply yang rusak tersebut. Padahal, kalau kita tahu ilmunya, maka masalah power supply yang rusak bisa kita antisipasi sendiri.

Artikel kali ini sedikitnya akan memberikan bagaimana cara memperbaiki power supply yang rusak dengan tangan sendiri. Ilmu dan cara yang dimaksud adalah sebagai berikut :

    Langkah pertama adalah dengan melepaskan power supply dari casing computer, kemudian buka penutupnya dan biarkan dalaman power supply terbuka. Lihat dan perhatikan dengan seksama, apakah ada kabel yang terbakar atau bagian lain yang tidak normal!
    Lepaskan fuse pada input 220 V yang berasal dari sumber output listrik. Buka dan lepaskan fuse tersebut lalu ukur koneksinya dengan menggunakan ohm meter pada posisi X1. Jika jarum menunjukkan 0 ohm, berarti arus yang dimilikinya masih bagus dan normal, dan jika jarum menunjukkan angka yang tidak teratur dan tak terhingga, berarti fuse tersebut harus diganti baru.

    cara memperbaiki power supply

   Jika point kedua sudah dilakukan tetapi power supply tidak memberikan tegangan DC yang baik, maka pemeriksaan berlanjut ke transistor power switching yang banyaknya 2 buah dengan melepaskannya dari PCB dan cek masing masingnya menggunakan multimeter. Jika ada salah satu daripadanya yang rusak, sebaiknya mengganti keduanya untuk hasil lebih stabil, karena jika hanya mengganti salah satu saja bisa menyebabkan ketidakseimbangan dan gangguan stabilitas DC yang dikeluarkan oleh power supply.

Itulah 3 langkah yang bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki power supply dengan tangan sendiri. Sebetulnya kemungkinan permasalahan yang dialami power supply masih banyak, namun dengan melakukan 3 tahap di atas semoga bisa menyelesaikan permasalahan Anda.