Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel

 Cara Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel

 

Cara Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel Tips dan trik microsoft excel adalah artikel yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Sudah lumayan lama juga saya tidak membahas tentang tips dan trik microsoft excel. Tips microsoft excel kali ini sangat sederhana sekali, yaitu bagaimana cara membuat sebuah menu navigasi pada microsoft excel. Apa itu menu navigasi? Bagi para blogger mungkin ini tidak asing lagi. Menu navigasi adalah sebuah menu yang berfungsi untuk menjelajah atau melopat dari halaman satu ke halaman yang lain. Menu navigasi ini tidak hanya bisa diterapkan pada halaman web atau blog tapi juga bisa kita terapkan pada aplikasi microsoft excel. Tujuannya tentu adalah untuk mempermudah melihat setiap halaman yang ada pada dokumen excel. Misal kita membuat sebuah laporan keuangan yang dalam satu tahun dan kita bagi dalam 12 sheet. Misal sheet Januari – Desember. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita ikuti tutorial berikut ini. Tutorial Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel 1. Silakan anda buat dokumen excel yang terdiri dari 3 sheet atau lebih. Sheet 1 anda beri nama MENU UTAMA, kemudian sheet 2 dan seteruskan anda beri nama Januari, Februari dan seterusnya. 2. Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA). Buat sebuah menu seperti tampak pada gambar di bawah ini. Agar tampilan menu lebih cantik silakan anda buat menggunakan AutoShape. 3. Setelah selesai membuat menu, sekarang saatnya kita menghubungkan daftar menu yang telah kita buat dengan sheet tujuan. Silakan anda klik salah satu menu, misal menu JANUARI, kemudian klik Insert, Klik Hiperlink, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 4. Klik JANUARI (apabila anda akan menghubungkan menu JANUARI dengan sheet JANUARI). Klik OK. Nah sekarang anda coba arahkan mouse ke menu JANUARI, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk, silakan anda klik, maka secara otomatis sheet JANUARI akan terbuka. Hmmm…. Mudah bukan cara membuat menu navigasi pada microsoft excel? Sangat mudah!!! Pertanyaannya, buat apa repot-repot membuat menu navigasi, kan kita bisa langsung klik sheet yang akan kita buka. Betul, kalau halaman yang kita buat sedikit mungkin menu navigasi ini tidak berguna sama sekali kecuali untuk pemanis tampilan, tapi kalau sheet yang kita buat sangat banyak sekali, ini akan sangat beguna untuk mempermudah mencari sheet yang kita kehendaki. Selamat pagi dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Sudah lumayan lama saya tidak update blog, apalagi untuk melaukan blogwalking. Hal ini dikarenakan masih banyaknya kegiatan ofline yang harus segera saya selesaikan. Jadi untuk para sahabat blogger yang berkunjung ke blog ini dan belum sempat saya balah kunjungannya saya mohon maaf banget. Tips dan trik microsoft excel adalah artikel yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Sudah lumayan lama juga saya tidak membahas tentang tips dan trik microsoft excel. Tips microsoft excel kali ini sangat sederhana sekali, yaitu bagaimana cara membuat sebuah menu navigasi pada microsoft excel. Apa itu menu navigasi? Bagi para blogger mungkin ini tidak asing lagi. Menu navigasi adalah sebuah menu yang berfungsi untuk menjelajah atau melopat dari halaman satu ke halaman yang lain. Menu navigasi ini tidak hanya bisa diterapkan pada halaman web atau blog tapi juga bisa kita terapkan pada aplikasi microsoft excel. Tujuannya tentu adalah untuk mempermudah melihat setiap halaman yang ada pada dokumen excel. Misal kita membuat sebuah laporan keuangan yang dalam satu tahun dan kita bagi dalam 12 sheet. Misal sheet Januari – Desember. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita ikuti tutorial berikut ini. Tutorial Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel 1. Silakan anda buat dokumen excel yang terdiri dari 3 sheet atau lebih. Sheet 1 anda beri nama MENU UTAMA, kemudian sheet 2 dan seteruskan anda beri nama Januari, Februari dan seterusnya. 2. Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA). Buat sebuah menu seperti tampak pada gambar di bawah ini. Agar tampilan menu lebih cantik silakan anda buat menggunakan AutoShape. 3. Setelah selesai membuat menu, sekarang saatnya kita menghubungkan daftar menu yang telah kita buat dengan sheet tujuan. Silakan anda klik salah satu menu, misal menu JANUARI, kemudian klik Insert, Klik Hiperlink, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 4. Klik JANUARI (apabila anda akan menghubungkan menu JANUARI dengan sheet JANUARI). Klik OK. Nah sekarang anda coba arahkan mouse ke menu JANUARI, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk, silakan anda klik, maka secara otomatis sheet JANUARI akan terbuka. Hmmm…. Mudah bukan cara membuat menu navigasi pada microsoft excel? Sangat mudah!!! Pertanyaannya, buat apa repot-repot membuat menu navigasi, kan kita bisa langsung klik sheet yang akan kita buka. Betul, kalau halaman yang kita buat sedikit mungkin menu navigasi ini tidak berguna sama sekali kecuali untuk pemanis tampilan, tapi kalau sheet yang kita buat sangat banyak sekali, ini akan sangat beguna untuk mempermudah mencari sheet yang kita kehendaki. Selamat pagi dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Sudah lumayan lama saya tidak update blog, apalagi untuk melaukan blogwalking. Hal ini dikarenakan masih banyaknya kegiatan ofline yang harus segera saya selesaikan. Jadi untuk para sahabat blogger yang berkunjung ke blog ini dan belum sempat saya balah kunjungannya saya mohon maaf banget. Tips dan trik microsoft excel adalah artikel yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Sudah lumayan lama juga saya tidak membahas tentang tips dan trik microsoft excel. Tips microsoft excel kali ini sangat sederhana sekali, yaitu bagaimana cara membuat sebuah menu navigasi pada microsoft excel. Apa itu menu navigasi? Bagi para blogger mungkin ini tidak asing lagi. Menu navigasi adalah sebuah menu yang berfungsi untuk menjelajah atau melopat dari halaman satu ke halaman yang lain. Menu navigasi ini tidak hanya bisa diterapkan pada halaman web atau blog tapi juga bisa kita terapkan pada aplikasi microsoft excel. Tujuannya tentu adalah untuk mempermudah melihat setiap halaman yang ada pada dokumen excel. Misal kita membuat sebuah laporan keuangan yang dalam satu tahun dan kita bagi dalam 12 sheet. Misal sheet Januari – Desember. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita ikuti tutorial berikut ini. Tutorial Membuat Menu Navigasi Pada Microsoft Excel 1. Silakan anda buat dokumen excel yang terdiri dari 3 sheet atau lebih. Sheet 1 anda beri nama MENU UTAMA, kemudian sheet 2 dan seteruskan anda beri nama Januari, Februari dan seterusnya. 2. Silakan kembali ke sheet 1 (MENU UTAMA). Buat sebuah menu seperti tampak pada gambar di bawah ini. Agar tampilan menu lebih cantik silakan anda buat menggunakan AutoShape. 3. Setelah selesai membuat menu, sekarang saatnya kita menghubungkan daftar menu yang telah kita buat dengan sheet tujuan. Silakan anda klik salah satu menu, misal menu JANUARI, kemudian klik Insert, Klik Hiperlink, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 4. Klik JANUARI (apabila anda akan menghubungkan menu JANUARI dengan sheet JANUARI). Klik OK. Nah sekarang anda coba arahkan mouse ke menu JANUARI, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan menunjuk, silakan anda klik, maka secara otomatis sheet JANUARI akan terbuka. Hmmm…. Mudah bukan cara membuat menu navigasi pada microsoft excel? Sangat mudah!!! Pertanyaannya, buat apa repot-repot membuat menu navigasi, kan kita bisa langsung klik sheet yang akan kita buka. Betul, kalau halaman yang kita buat sedikit mungkin menu navigasi ini tidak berguna sama sekali kecuali untuk pemanis tampilan, tapi kalau sheet yang kita buat sangat banyak sekali, ini akan sangat beguna untuk mempermudah mencari sheet yang kita kehendaki.