Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Formula pada Microsoft Word

Cara Formula pada Microsoft Word

Siapa bilang pengolahan angka di tabel hanya dapat dilakukan di Ms-Excel? Ms-Word juga memiliki fitur untuk mengelola angkat pada tabel. Jika pada dokumen Anda terdapat tabel yang berisi angka-angka dan perlu untuk melakukan pengelolaan seperti menjumlah, mencari nilai maksimum, minimum, atau menghitung jumlah data, Anda dapat melakukannya secara langsung pada Ms-Word.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan kursor pada sel di mana operasi atau formula hendak diketikkan.
  1. Pilih Insert >> Quick Parts >> Fields
  1. Pada kotak dialog Field yang muncul pilih field name =(Formula), dan klik button Formula. 
  1. Default untuk formula yang muncul adalah =SUM(ABOVE) yang berarti melakukan operasi penjumlahan untuk angka-angka pada sel di atasnya. Anda dapat mengubah format angka yang ditampilkan menggunakan combo box Number format.
  1. Klik Ok untuk mendapatkan hasil penjumlahan dari sel-sel yang berada di atas posisi kursor 
Tombol Alt+F9 dapat digunakan sebagai toogle untuk melihat hasil dari formula atau formulanya. Pada contoh di atas, formula muncul sebagai teks {=SUM(ABOVE)}. Menekan tombol Alt+F9 akan mengubah teks tersebut menjadi 172.