Sabtu, 03 Agustus 2013

Menampilkan detil pemformatan dengan Reveal Formatting Microsoft Word

Menampilkan detil pemformatan dengan Reveal Formatting Microsoft Word
Jika anda telah mahir menggunakan Style di Ms-Word, dengan begitu banyaknya Style yang anda gunakan, tak jarang anda bingung untuk mengingat jenis pemformatan mana yang anda butuhkan. Tak jarang juga anda memberikan nama pada Style yang anda ciptakan untuk membantu anda mengingat jenis pemformatan yang dimiliki oleh Style tersebut. Namun, ada cara yang mudah untuk mengetahui dengan lebih detail, bagaimana sebenarnya teks-teks anda di-format di aplikasi Ms-Word.

Untuk mengetahui detail pemformatan pada teks yang ada di dokumen anda, ikutli langkah singkat berikut ini:

  1. Blok teks yang ingin anda lihat secara detail
  2. Lakukan kombinasi tombol Shift+F1 dan sidebar 'Reveal Formatting' akan terbuka.
Pada sidebar 'Reveal Formatting', anda akan mendapati informasi detail mengenai teks yang sebelumnya anda blok. Informasi seperti jenis font, ukuran font, bahasa yang digunakan serta pengaturan paragraf dan masih banyak lagi. Selain itu, masih ada fitur 'Compare to another selection' dimana anda dapat membandingkan perbedaan antara dua buah teks yang anda seleksi. Untuk melakukan perbandingan, lanjutkan langkah sebelumnya dengan langkah berikut:
  1. Pilih 'Compare to another selection'
  2. Selanjutnya, silahkan melakukan blok pada teks lain yang ingin anda bandingkan dengan teks yang sudah anda pilih sebelumnya.
  3. Segera setelah anda melakukan blok pada teks lain, maka anda akan dapat melihat hal-hal apa saja yang berbeda antara kedua teks yang anda pilih.
Mudah bukan? Fitur ini sangat berguna, namun tak banyak orang yang mengetahuinya. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan dokumen-dokumen anda. Selamat bekerja!